-->

Cara merawat rumah agar tetap bersih tanpa pembantu


Cara merawat rumah agar tetap bersih tanpa pembantu

Dalam keadaan darurat tanpa pembantu, Anda mendapat kehormatan membersihkan rumah Anda sendiri. Berbagai kiat di artikel ini membuat tugas ini lebih mudah.




Rekomendasi kami

Manfaatkan waktu senggang untuk membersihkan bagian-bagian kecil di rumah. Bahkan saat Anda tidur pun kegiatan bersih-bersih tetap bisa berjalan sendiri. Anda tidak perlu memikirkan metode bersih-bersih mulai dari nol ketika sedang tidak ada pembantu, cukup atur waktu.

Sebagai kepala rumah tangga, Anda sebaiknya tidak lepas tangan sama sekali mengenai urusan kebersihan rumah walaupun Anda memiliki pembantu rumah tangga. Dengan demikian, Anda bisa mempertahankan rumah bersih dan sehat dalam kondisi darurat tanpa pembantu. Keterampilan membersihkan rumah yang perlu Anda ketahui adalah cara-cara praktis yang tidak mengorbankan urusan pekerjaan, pergaulan sosial, dan keluarga.
Lagipula, mengetahui cara-cara membersihkan rumah dengan cepat akan sangat bermanfaat ketika suatu saat Anda memutuskan untuk tidak menggunakan jasa pembantu lagi dan memilih mengerjakan segala urusan kebersihan rumah sendiri bersama anggota keluarga.
mengatur waktu ibu rumah tangga

Cara mengatur waktu dengan baik untuk bersih-bersih

Ketika pembantu sedang cuti, Anda tidak perlu memikirkan metode bersih-bersih dari nol. Yang perlu Anda pikirkan adalah kapan Anda akan mengerjakannya. Anda tidak perlu pula mengorbankan aktivitas lain asalkan Anda pintar mengatur waktu ibu rumah tangga di antara kesibukan lain, misalnya:
  • Bersih-bersih pajangan di waktu luangsekaligus mengganti taplak dan gorden di ruang tamu.
  • Menjalankan mesin cuci di waktu tidur malam sehingga Anda bisa langsung menjemur cuciannya pada pagi hari. Jika mesin cuci Anda memiliki fitur penunda waktu, atur waktu agar selesai tidak jauh sebelum Anda bangun tidur.
  • Memanfaatkan waktu setelah memasak dan makan untuk langsung membersihkan peralatan dapur.
  • Luangkan 2 jam pada akhir pekan untuk mengepel lantai dan mengelap permukaan dapur.
  • Jadwalkan kerja bakti keluarga sebulan sekali untuk menangani area yang lebih luas, misalnya langit-langit, kaca jendela, halaman, dan kamar mandi.
  • Ikuti jadwal bersih-bersih yang sudah dijalankan pembantu.
rumah bersih dan sehat

Tips bersih-bersih rumah sendiri

Mengerjakan sendiri urusan-urusan untuk mewujudkan rumah yang bersih seharusnya dipandang sebagai suatu kehormatan, bukan suatu beban. Pandangan negatif bahwa kepala keluarga dan kepala rumah tangga yang telah bekerja setiap hari tidak semestinya mengerjakan kegiatan bersih-bersih di rumah sebaiknya juga dihilangkan. Agar tidak membebani aktivitas lain, berikut ini beberapa tips bersih-bersih secara efisien:
  • Cara praktis membersihkan perkakas dapur: buang sisa makanan ke tempat sampah, isi ember atau wastafel cuci piring dengan air, tambahkan satu sendok teh sabun cuci piring cair yang cepat menghilangkan bekas minyak dan lemak—seperti Sunlight Jeruk Nipis 100, masukkan perkakas selain pisau ke dalam air, gosok dengan spons atau sikat cuci piring, lalu bilas dan tiriskan.
  • Cara membersihkan kaca jendela rumah: singkirkan debu pada kaca memakai kemoceng, basahi kaca dengan air lalu gosok dengan gumpalan koran bekas, semprotkan cairan pembersih kaca lalu seka dengan lap mikrofiber.
  • Cara membuat lantai bebas debu: gunakan lap kering atau sapu yang dibungkus lap kering untuk menghapus debu pada lantai, lalu pel dengan lap bersih yang dibasahi larutan pembersih lantai.
  • Cara menghapus kerak kapur di kamar mandi: basahi permukaan yang ingin dibersihkan, kucurkan cairan penghancur kerak kapur pada permukaan tersebut, ratakan dengan sikat kamar mandi, biarkan selama 5 menit, gosok dengan sikat atau lap, lalu siram 

0 Response to "Cara merawat rumah agar tetap bersih tanpa pembantu"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel